Wednesday, February 7, 2007

Selai Srikaya

Bahan

1. santan dari 2 butir kelapa (jangan dicampur air)
2. gula pasir, sebanding atau kurang dari volume santan (misal: santan 2 gelas, gula pasir juga 2 gelas; kurangi jumlah gula pasir jika tidak ingin terlalu manis)
3. 10 butir kuning telur ayam (boleh saja tambahkan 2 atau 3 buah putih telor). 
4. 2~3 lembar daun pandan (disimpul)
5. 1 sdm mentega cair (untuk memperindah warna)
6. 1/4 sdt bubuk vanili (optional)
7. air untuk men-tim secukupnya



Cara membuat

1. campurkan semua bahan (kecuali mentega cair), masukkan dalam wadah tahan panas (dari stainless steel or enamel)
2. didihkan air di atas wajan. tim bahan (dengan wadah) di atas air dengan api kecil, sambil diaduk perlahan-lahan secara rutin sampai matang (kurang lebih 45~60 menit)
3. tambahkan mentega cair sambil diaduk rata saat akan matang.
4. tambahkan gula jika terasa kurang manis (sesuai selera)
5. angkat dan dinginkan setelah matang (warna berubah kecoklatan dan tercium bau wangi).
6. simpan dalam wadah gelas/plastik bertutup, tahan untuk kurang lebih 1 minggu. Bila disimpan di kulkas, dapat bertahan 2~3 minggu.



Note

  • selai srikaya bahan dasarnya santan dan telor. gak ada hubungan langsung dg buah srikaya. konon katanya baunya mirip.. apa benar yah? (*belom pernah makan buah srikaya*)
  • selai srikaya yang dijual di pasaran biasanya lebih kental karena bercampur tepung terigu.
  • boleh menggunakan santan instant, namun hasilnya tidak seenak dengan santan asli.
  • cocok dimakan bareng roti tawar atau nasi ketan. biasanya bila dimakan bareng nasi kentan, srikaya akan lebih cair (pada proses pembuatan, pada bahan boleh ditambahkan sedikit air)
  • sori, fotonya masih dari internet. soalnya gak nemu kelapa parut di sini. ntar deh, pakai santan instant kalo nemu di supermarket. di sini juga gak ada daun pandan .. *sigh* .. !

18 comments:

eliza said...

bener yen, selai srikaya/sarikaya, gak ada hubungan dg buahnya. buahnya sendiri enak banget, manis2 sepet, mulai susah dicari di indonesia loh.

TotaLuki said...

Yen.. ni temenmu request suruh gue bikin selai srikaya..(kynya diimel dia bilang dia yang pengen nyoba ya...) nanya dong di tim itu diapain yaaaaaa

yendoel said...

rebus air dalam kuali, terus panci (berisi adonan srikaya) ditaroh dalam air rebusan itu. setelah air mendidih, api dikecilin. panci tetap dicelup dalam air. adonannya diaduk2 pakai sumpit sampai matang dan wangi. pakai sumpit atau sendok kayu biar gak panas (krn dari kayu).

Anonymous said...

Kalau sudah matang bentuk adonan encer atau kental ya ? Maaf kami baru belajar tolong dibantu ya ? thanks banyak.

yendoel said...

hasilnya agak encer, mirip susu kental manis (gak sekental yg dijual bentuk jadi selai srikaya. karena yang dijual dalam botolan itu biasanya dah dicampurin tepung terigu, sehingga kental banget).

Anonymous said...

Thanks u/ Jawabnya! Tlng Nanya lagi
telur yang dipakai telur ayam kampung /telur Bebek ? Thanks!!!!

yendoel said...

biasanya pakai telur ayam. telur ayam ras atau pun ayam kampung juga boleh.

Anonymous said...

Saya pernah coba buat selai kaya, setelah matang hasil adonan encer ndak kental.Kenapa Ya? Salah dimana ? Thanks Berat!

yendoel said...

memang adonan tidak kental. kalo mau adonan kental, ditambahkan putih telur, dan sedikit tepung terigu. tapi saya belum pernah membuat selai srikaya yg diberi terigu, kurang enak soale.

Anonymous said...

Met kenal ya, ini juga karena hari ini kebetulan juga hari makan ba cang & kie cang (mestinya di china juga ada tradisi ini ya?), so singkat cerita, aku search resep buat srikaya, nemu blog kamu, jadi pengen nyoba resep selai srikaya nya.
Tapi ada yang mo aku nanya, santan dan telurnya mo di mixer nggak ya ?
Kalo di aduk aja, apa bisa nyambur rata ? Trus,ngaduknya pada saat di tim di wajan ya ? Aduh, nanya nya banyak, soalnya belum pernah masak selai srikaya,selama ini beli, ada yang enak, cuman belinya di luar kota (walaaahhh....).
Mohon petunjuknya...
Anyway, boleh minta alamat email nya?
Thanks....Email saya : wi_liani@yahoo.co.id

Anonymous said...

di bantaeng(sulawesi sel)banyak klo lg musim.soal selainya menurut saya lebih cantik klo warnax lebih coklatan lagi

because of U... said...

thanx banget dah share resepnya.. aq dah coba.. mantep banget rasanya. lebih original.. tp apa hasilnya beda kalo langsung dipanaskan di api?(proses pemasakan langsung tanpa di tim)

resep selai sirsak said...

Cm menambahkan aja,selain buah srikaya..sirsakyg mirip2 srikaya jg bs dibuat selai

Anonymous said...

Resepnya Oke punya !!
kalo mau lebih tahan lama lagi ...tambahin anti basi yang gimana ya ? merk dan seperti apa bentuknya & takaran nya...?? Thanks atas jawabannya.

Anonymous said...

Tolong dong kasih tahu anti basi (bahan pengawet) yang Paten & aman dikonsumsi untuk srikaya (selai), merk dan dosisnya...terima kasih ya jawabannya....FB / email Saya embifirdausy@gmail.com

SUNarDjuNa ThEa said...

Saya sudah coba resep ini, tapi kok malah telurnya jadi pada menggumpal ya, seperti di indomie rebus. Padahal sudah saya aduk terus menerus. Setelah dipikir, emang bener sih kalau kuning telur digodok ya jadinya menggumpal. Jadi sebenarnya apa yang salah ya? Oh iya maksudnya santan tanpa air itu bagaimana Bu? klw tanpa air kan jadinya sedikit sekali santannya.

iprhie afrielliany said...

terimakasih atas infonya. jgn lupa mampir kesini motogp.unsri.ac.id

Anonymous said...

Mau nanya, apa ªϑª yg tau, bagaimana caranya buat srikaya untuk isi roti bagian dalamnya, yang awet ? Soalnya saya buat cukup tahan 3 hari dan rotinya sudah berjamur, (ʃƪ'⌣')ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ♥ infonya